Wednesday, March 3, 2010

3 proses dasar

1. Knowledge akuisisi adalah proses pembangunan dan penciptaan wawasan, keterampilan dan hubungan mengenainya. Contoh seorang broker saham berpengalaman yang dapat melihat garis tren pada monitor komputer dan memberitahu kearah mana pasar dipimpin adalah contoh intuisi perolehan pengetahuan. Ini adalah pengetahuan yang komponen seputar ITnya perlu fokus. Alat-alat penangkapan data dengan kemampuan menyaring (filtering) seperti intelligence databases, keyboard scanners, note-capture tools, dan papan tulis elektronik adalah contoh komponen teknologi informasi yang dapat mendukung perolehan pengetahuan.

2. Knowledge sharing ialah menyebarkan dan membuat tersedia apa yang sudah diketahui. Sebuah sistem pakar (expert sistem) yang dapat membantu petugas pemula tecnical support untuk menjawab panggilan dari Microsoft adalah contoh yang baik dari pengetahuan yang telah dibagi ke petugas tersebut.

3. Knowledge utilization, disini pembelajarannya adalah mengintegrasikannya kedalam sebuah organisasi. Apa yang tadinya tersedia secara luas di seluruh perusahaan dapat digeneralisasi dan diterapkan, setidaknya sebagian untuk situasi yang baru. Contoh dari ahli microsoft adalah kasus seperti ini: berbagi dan penggunaan knowledge berlangsung secara bersamaan.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.