Friday, March 26, 2010

Knowledge Management's Groupware

Groupware merupakan sebuah software yang memfasilitasi sebuah grup atau sekumpulan orang - orang untuk dapat bekerja bersama serta berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai suatu pekerjaan tertentu yang dimiliki oleh orang - orang tersebut. Hal ini akan menimbulkan sebuah knowledge sharing secara langsung bagi orang - orang tersebut,sehingga akan dapat meningkatkan kapabilitas dan keahlian dari orang - orang tersebut. Dengan groupware, maka orang - orang tersebut dapat bekerja bersama didalam dokumen, jadwal meeting, form surat elektronik, akses folder terbatas, mengembangkan database yang dibagi, dan berkirim e-mail.
Perusahaan biasanya menggunakan groupware untuk dapat mendukung usaha kolaboratif diantara tim yang terdiri dari berbagi macam wilayah didunia. Groupware berdiri atas 3 prinsip, yaitu komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi. Prinsip tersebut berarti bahwa untuk dapat menjalankan groupware secara efektif maka diperlukan sebuah komunikasi yang bagus yang dapat menjangkau orang - orang yang akan menggunakan groupware tersebut, lalu dengan orang - orang tersebut harus dapat berkolaborasi dalam memajukan organisasi demi kemajuan bersama serta harus ada koordinasi yang bagus dalam mengatur bagaimana jalannya groupware
tersebut.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.