Friday, March 26, 2010

Desire to Intention Knowledge Sharing

Kali ini saya ingin membahas salah satu faktor krusial yang sangat penting dan vital bagi kelancaran dan perkembangan KM di suatu organisai karena tanpa ini maka semua jerih payah yang telah dicurahkan organisasi di dalam membangun KM tersebut akan menjadi sia - sia dan tidak berguna sama sekali bagi kelancaran proses organisasi dalam mencapai tujuannya. Kita sudah mengetahui bahwa knowledge sharing merupakan salah satu bagian dari core process dari suatu KM karena tanpa knowledge sharing ini, maka tidak akan ada knowledge yang berguna dan bermanfaat yang dapat dibagi dan diserap oleh orang - orang yang berada didalam organisasi. Suatu perubahan haruslah dapat dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil yang nyata bagi penerapan KM yang sukse didalam organisasi. Seseorang sebagai suatu objek didalam pengembangan KM pasti memiliki suatu hasrat dan niat untuk membantu KM tersebut menjadi lancar didalam organiasai, namun apalah arti sebuah hasrat tanpa ada niat untuk membagi ilmu tersebut. Semua orang pasti memiliki suatu pertimbangan tertentu untuk dapat membagi pengalaman dan pengetahuannya untuk orang lain karena bukan tanpa sebab bahwa dengan membagi ilmu tersebut orang yang memanfaatkan ilmu kita tersebut pasti akan menjadi sama dengan kita atau lebih daripada kita sendiri. Disinilah peran manajamen untuk menyukseskan sebuah sistem KM yang telah diterapkan karena bagaimanapun organisasi harus dapat memotivasi atau bahkan dapat memaksa anggotanya untuk dapat saling berbagi pengetahuan didalam KM tersebut. Memang tidaklah mudah dalam membagi suatu ilmu tertentu untuk orang lain, namun apalah arti sistem KM tersebut tanpa sebuah knoweledge yang berarti.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.