Thursday, March 4, 2010

Web2.0 dan KM

Web2.0 adalah isitilah yang diperkenalkan oleh TIm O'Reilly yang merujuk kepada aplikasi web yang dapat memfasilitasi proses informasi yang interaktif, sharing, dapat dipergunakan menggunakan sistem operasi yang berbeda, berfokus kepada rancangan user, dan kemampuan melakukan kolaborasi. (untuk informasi lebih lengkap silahkan mendalaminya menggunakan wikipedia.org)
Salah satu characteristic feature yang utama dari Web2.0 adalah user content generated, artinya user mempunyai akses untuk dapat berkolaborasi dengan para users lainnya dalam membuat dan mengembangkan content (membuat, menambah, memodifikasi, menghapus) sesuai dengan autorisasi yang dimiliki.
Aplikasi Web2.0 ini sangat potential dipergunakan sebagai bagian aplikasi dalam KM sistem.
Beberapa weblink yang bisa dipelajari tentang pemanfaatan aplikasi Web2.0 terkait dengan KM adalah seperti:

Aplikasi Web2.0 ini bersifat banyak yang bersifat umum/terbuka dan dapat dipergunakan secara gratis. Penggunaan aplikasi Web2.0 menjanjikan KM yang bersifat inovatif, kreatif dengan biaya yang bisa relatif rendah atau bahkan gratis.

2 comments:

  1. pak, saya mau nanya, singkat..
    bagaimana sih proses pemeliharaan knowledge pada organisasi? tolong dijelaskan,

    trims,

    ReplyDelete
  2. Saya merasa lebih tepat menggunakan kata "mengelola pengetahuan" (knowledge management) dibandingkan "memelihara (maintain) pengetahuan".
    Seperti yang pernah kita bahas di kelas, ada 7 Langkah utama mengelola pengetahuan yaitu dengan:
    1. mengidentifikasi pengetahuan apa saja yang diperlukan
    2. mengakuisisi untuk menjadikan pengetahuan yang dibutuhkan menjadi milik organisasi
    3. mengembangkan pengetahuan sehingga dapat menjadi bagian sistem organisasi
    4. menyimpannya sesuai dengan bentuk pengetahuan yang diperoleh (tacit/explicit)
    5. mendistribusikan pengetahuan kepada user baik secara pull/push mode
    6. membuat pengetahuan dapat digunakan oleh user dalam pekerjaan/sesuai kebutuhannya
    7. mempertahankan pengetahuan agar tidak hilang dengan cara mengupdate pengetahuan yang ada, menjaga keamanan sistem IT yang dipergunakan, dan memberikan apresiasi kepada knowledge contributor.

    Mungkin yang kamu maksud dengan "memelihara pengetahuan" adalah terkait dengan point no 7 diatas.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.