Bagaimana Membuat Suatu KM?
1. Bangun infrastruktur dengan teknologi yang tepat
Teknologi yang tepat, bukan berarti teknologi yang digunakan adalah teknologi
tinggi. Tepat berarti sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan usaha yang anda
lakukan sekarang dan tidak membuang-buang biaya. Teknologi ini bisa saja
seperti komputer dan jaringan internet, lihat kembali di alat-alat pengetahuan.
2. Bangun sebuah infrastruktur konseptual dengan tulang punggung kompetensi
Teknologi yang tepat juga tidak akan berguna apabila anda tidak mempunyai
konsep atau visi yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Dan tulang punggung
yang kompeten adalah orang-orang yang mempunyai ilmu, keahlian,
pengalaman, kecepatan bertindak, dan bersosialisasi.
3. Buat suatu tempat penyimpanan dan hal-hal yang menyangkutnya
Tempat penyimpanan bisa saja berupa gudang, perpustakaan, arsip, database,
file. Dan dibantu dengan alat-alat yang mempermudah pencarian.
4. Ciptakan standar tinggi untuk kualitas dan kegunaannya
Anda harus membuat suatu aturan, yaitu hanya ilmu yang berguna sajalah yang
akan anda disimpan di gudang pengetahuan anda, jangan sampai sampah
informasi juga anda masukkan kedalamnya. Dan pastikanlah kalau aturan ini
sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Apa Saja Yang Dibutuhkan untuk KM ?
Jawaban termudah adalah sumber daya manusia dan teknologi. Tanpa 2 hal ini tidak
akan ada sebuah KM yang ada hanya knowledge individual. Teknologi dalam hal ini
sangat membantu banyak, dengan kemampuan database, metode searching, automated
agent, e-forum dan e-mail, akan sangat membantu menciptakan sebuah sistem yang
baik. Walaupun kadang-kadang sebuah buku organizer cukup membantu seseorang
dalam schedulingnya.
Saturday, March 6, 2010
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.