Saturday, March 6, 2010

Sekilas tentang KM

Bagaimana Membuat Suatu KM?
1. Bangun infrastruktur dengan teknologi yang tepat

Teknologi yang tepat, bukan berarti teknologi yang digunakan adalah teknologi

tinggi. Tepat berarti sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan usaha yang anda

lakukan sekarang dan tidak membuang-buang biaya. Teknologi ini bisa saja

seperti komputer dan jaringan internet, lihat kembali di alat-alat pengetahuan.

2. Bangun sebuah infrastruktur konseptual dengan tulang punggung kompetensi

Teknologi yang tepat juga tidak akan berguna apabila anda tidak mempunyai

konsep atau visi yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Dan tulang punggung

yang kompeten adalah orang-orang yang mempunyai ilmu, keahlian,

pengalaman, kecepatan bertindak, dan bersosialisasi.

3. Buat suatu tempat penyimpanan dan hal-hal yang menyangkutnya

Tempat penyimpanan bisa saja berupa gudang, perpustakaan, arsip, database,

file. Dan dibantu dengan alat-alat yang mempermudah pencarian.

4. Ciptakan standar tinggi untuk kualitas dan kegunaannya

Anda harus membuat suatu aturan, yaitu hanya ilmu yang berguna sajalah yang

akan anda disimpan di gudang pengetahuan anda, jangan sampai sampah

informasi juga anda masukkan kedalamnya. Dan pastikanlah kalau aturan ini

sesuai dengan kebutuhan penggunanya.


Apa Saja Yang Dibutuhkan untuk KM ?
Jawaban termudah adalah sumber daya manusia dan teknologi. Tanpa 2 hal ini tidak

akan ada sebuah KM yang ada hanya knowledge individual. Teknologi dalam hal ini

sangat membantu banyak, dengan kemampuan database, metode searching, automated

agent, e-forum dan e-mail, akan sangat membantu menciptakan sebuah sistem yang

baik. Walaupun kadang-kadang sebuah buku organizer cukup membantu seseorang

dalam schedulingnya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.