Tuesday, March 2, 2010

Knowledge vs Information

Kunci antara pengetahuan dan informasi yang mungkin terbaik umumnya dinyatakan dalam menerima gagasan bahwa pengetahuan dalam konteks bisnis tidak lebih dari informasi yang akan ditindak lanjuti. Pengetahuan memungkinkan untuk membuat prediksi, asosiasi kasual, atau prediksi keputusan tentang apa yang harus dilakukan. Tidak seperti informasi yang hanya memberikan kita fakta. Pengetahuan jelas tidak gampang atau mudah, sebaliknya berlumpur, sangat intuitif, sulit untuk berkomunikasi dan sulit untuk digungkapkan dalam dunia ilustrasi, dan bagian-bagian yang baik tidak disimpan dalam database tapi dalam pikiran orang - orang yang bekerja dalam organisasi. Hal itu terletak dalam hubungan, percakapan antar orang-orang, pengalaman berbasis intuisi, dan kemampuan orang untuk membandingkan situasi masalah dan solusi. Hanya sebagian kecil pengetahuan rahasia dapat diformatkan dalam database, buku, manual, dan presentasi; sisanya tetap tinggal didalam kepala orang.

Pengetahuan ini didukung oleh proses-proses formal dan informal dan terstruktur untuk
diakuisisi, di-share serta dimanfaatkan. Pengetahuan secara luas dikomunikasikan dan menyesuaikan nilai-nilai, norma, prosedur, dan data dimulai dengan sosialisasi awal dan akan berlangsung melalui diskusi kelompok formal dan informal.

Data dan Informasi ini sangat penting, tetapi data dan informasi adalah pengetahuan yang dapat diterapkan, yang akan mengkonteksualisasikan pengalaman dan keterampilan yang sedang digunakan untuk membedakan pengambilan keputusan yang baik dan pengambilan keputusan yang buruk.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.