Wednesday, March 3, 2010

Google, The Magnificent Power of Knowledge

Google Inc. seperti yang telah kita ketahui merupakan salah satu perusahaan raksasa yang terdapat di Amerika Serikat. Google merupakan salah satu perusahaan search engine terbesar didunia dengan jumlah pengguna yang mencapai jutaan bahkan milyaran orang. Namun apakah yang membuat google begitu sukses dengan search engine-nya. Kita mungkin sering sekali menggunakan dan mendayagunakan fasilitas yang diberikan oleh google tetapi tidak mengetahui apakah yang sebenernya yang google gunakan, sehingga dapat menciptakan suatu search engine yang benar – benar kuat akan informasi yang beredar di internet. Jawabannya adalah knowledge, dengan knowledge management, maka google dapat menghimpun sedemikian besar informasi – informasi yang terdapat di seluruh media internet yang tersebar di seluruh dunia.

Knowledge management merupakan salah satu jantung dari sebuah perusahaan yang bernama Google ini. Google menciptakan sebuah konsep knowledge management yang baru dibandingkan dengan konsep search engine lama yang hanya menghasilkan informasi yang telah dibuat sedemikian rupa oleh para ahli, sehingga apabila kita membutuhkan suatu informasi tertentu, maka hasilnya pun akan tetap statis, namun google membawa era knowledge yang baru dengan menghimpun seluruh informasi baik dari para ahli maupun dari orang biasa untuk dapat menghasilkan suatu hasil pencarian yang benar – benar dibutuhkan. Terlepas dari sisi negatif yang dihasilkan oleh google, tetap saja google telah membawa sebuah perubahan terhadap paradigm knowledge management yang begitu luas.

Diambil dari the Business Week article, ”Google Inc.'s (GOOG ) ace search engine essentially polls the collective judgments of millions of Web page creators to determine the most relevant search results. In the process, it has created a multibillion-dollar market for supertargeted ads that's drawing money from magazine display ads and newspaper classifieds”. Dapat kita simpulkan bahwa google menghimpin knowledge dari apa yang paling banyak dicari oleh penggunanya dan akan menghasilkan suatu nilai tertentu yang dimiliki oleh situs tertentu, sehingga situs tersebut berarti memiliki sebuah arti penting bagi penggunanya. Google menghimpun knowledge baik dari pengguna dan halaman page yang berada di internet dengan baik.

Konsep knowledge google juga berdiri atas “Many and Ordinary“ yang berarti bahwa knowledge tersebut harus dihimpun sebanyak – banyaknya dan juga tidak ada batasan didalam menghimpun knowledge tersebut, sehingga tidak ada suatu pembatasan antara informasi yang penting , tidak penting, biasa, dan spesial. Hal ini juga membuat suatu kesimpulan bahwa pengetahuan itu terdapat dimana saja dan tidak penting siapa yang memilikinya, namun apabila pengetahuan itu dapat dimanfaatkan dan menghasilkan suatu yang baik, maka kenapa tidak kita menyimpan dan mengaturnya dengan baik.

Sumber : Toolbox.com

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.