Thursday, March 4, 2010

Penerapan Knowledge management pada organisasi

Penerapan Knowledge management pada organisasi

Di era globalisasi yang ditunjang oleh inovasi juga ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Menyadari akan persaingan yang semakin berat, maka diperlukan perubahan paradigma organisasi dari yang semula mengandalkan pada resource-based menjadi knowledge-based yang bertumpu pada pengembangan metadatabases, data mining, data warehouse, dan sebagainya. Upaya lain yang perlu dilakukan adalah pengembangan SDM dan knowledge sharing (berbagi knowledge) di kalangan karyawan menjadi sangat penting guna meningkatkan kemampuan manusia untuk menghasilkan inovasi. Mengelola knowledge sebenarnya merupakan “bagaimana organisasi mengelola karyawan mereka daripada berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk teknologi informasi”. Sebenarnya menurut mereka bahwa knowledge management adalah bagaimana orang-orang dari berbagai tempat yang berbeda mulai saling berbicara, yang sekarang populer dengan label learning organization.
Untuk membangun Organizational Knowledge Management System (OKMS) di unit organisasi diperlukan enam tahap dalam siklus knowledge, yaitu : menciptakan knowledge, menangkap knowledge, menyaring knowledge, menyimpan knowledge, mengelola knowledge, mendesiminasikan knowledge, menciptakan knowledge lagi, dan seterusnya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.