Wednesday, March 3, 2010

Multinational Company Communications As A Knowledgable Community Around The World

Sepanjang yang telah kita ketahui dari pembelajaran knowledge management yang kita telah dapatkan dan pelajari adalah bahwa salah satu keuntungan atau keunggulan dari knowledge management tersebut bagi organisasi adalah memberi kemudahan didalam mengkomunikasikan nilai - nilai pengetahuan organisasi yang terdapat di setiap individu – individu yang terlibat didalam proses dan aktivitas organisasi tersebut. Kemudahan akan komunikasi tersebutlah yang akan mempercepat proses transfer knowledge diantara individu – individu yang ada didalamnya. Memang pada akhirnya sebuah knowledge management akan terbagi menjadi knowledge yang bersifat tacit dan explicit. Knowledge management memang membutuhkan sumber daya pengetahuan yang cukup besar untuk dapat menciptakan sebuah kondisi organisasi yang dinamis akan proses transfer knowledge tersebut.
Lalu apakah keunggulan komunikasi yang ditawarkan knowledge management akan pengetahuan – pengetahuan yang ada di sebuah organisasi atau perusahaan multinasional. Seperti yang telah kita ketahui bahwa perusahaan multinasional merupakan sebuah perusahaan yang memiliki banyak sekali cabang – cabang di seluruh belahan dunia yang hampir terdapat di seluruh negara. Di setiap cabang tersebut pun pasti memiliki orang – orang yang memiliki tingkat dan jenis pemikiran yang berbeda – beda walaupun memang dibedakan dari rasnya. Namun bukan itu yang akan kita bahas didalam permasalahan ini tetapi adalah lebih kepada bagaimana mengatur dan menyimpan pengetahuan tiap – tiap orang yang ada di tiap cabang yang ada diseluruh negara tersebut dapat menjadi satu dan menjadi sebuah nilai tambah bagi pengetahuan organisasi dan menjadi aset bagi perusahaan tersebut untuk kedepannya.
Disinilah peran knowledge managament bagi perusahaan didalam mengatur dan menyimpan knowledge atau pengetahuan yang terdapat di seluruh individu yang ada di seluruh cabang. Dengan sebuah knowledge managament, maka perusahaan tersebut akan dapat menjadi sebuah perusahaan yang memiliki komunitas knowledge yang bertujuan untuk memberikan kontribusi yang lebih baik lagi bagi proses dan aktivitas bisnis perusahaan didalam mencapai visi dan misi perusahaan kedepannya. Individu – individu tersebut akan dapat saling berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara mereka mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaannya didalam sebuah sistem aplikasi knowledge management tersebut. Hal ini pun akan membuat komunikasi antar pegawai perusahaan yang ada di seluruh cabang akan terjalin dengan baik dengan saling membantu dan memberikan informasi berupa knowledge yang memang sangat dibutuhkan oleh mereka. Peran lain knowledge management bagi perusahaan itu adalah dengan adanya sistem aplikasi knowledge management tersebut, maka perusahaan dapat menyimpan pengetahuan – pengetahuan yang mereka telah bagi didalam aplikasi tersebut menjadi sebuah aset penting bagi perusahaan kedepannya agar tidak hilang seiring dengan kepergian pegawai – pegawai yang ada.

2 comments:

  1. Kalau boleh tanya, bagaimana pemanfaatan knowledge pada perusahaan multinational yang memiliki banyak cabang ?

    ReplyDelete
  2. mereka dapat menggunakan teleconference untuk sekedar laporan atau mengadakan rapat tanpa wakil dari tiap" cabang yang ada di beberapa negara tersebut harus datang ke kantor pusat. dengan begitu perusahaan akan dapat menghemat untuk mengeluarkan biaya transport tiap" perwakilan.

    atau mereka juga dapat menggunakan email sebagai media pengiriman laporan"..

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.